Home / Daerah / Mamuju / Sulbar

Selasa, 20 Agustus 2019 - 12:05 WIB

DPRD Mamuju Menggelar Talkshow

MEDIABAHANA.COM MAMUJU — DPRD Kabupaten Mamuju menggelar Talkshow terkait uji publik rencana Rancangan peraturan Daerah dalam Peraturan pembangunan Pariwisata Kabupaten Mamuju di Maleo Town Square (Matos) pekan lalu.

Ketua DPRD Kabupaten Mamuju Hj. St. Suraidah Suhardi dalam sambutannya mengatakan bahwa Meski ini pertama kali, tetapi acara ini terselenggara sebagai upaya dari DPRD Mamuju untuk mendorong bagaimana kontribusi pemikiran dari beragam sektor terhadap rencana regulasi yang akan di bahas di DPRD. Semoga dimasa mendatang ini dapat dilanjutkan.

Terkait uji publik rencana Rancangan peraturan Daerah kata dia rencana induk pembangunan pariwisata kabupaten Mamuju teknis di DPRD Mamuju melihat orientasinya berbasis kawasan.
Tetapi tentu hal itu bukan menjadi muara akhir. Olehnya diharapkan atas rencana-rencana itu dapat terpikirkan melahirkan dampak ganda/multiplier effect.

Baca juga :  Ketua Bapemperda : Senin Depan Pembahasan Tatib DPRD Dilanjutkan

“Secara khusus bagi kami ada dua diantara fokus pikir yang tetap mesti kita dorong bersama dalam rencana ranperda yang akan kita diskusikan hari ini,” ungkapnya.

Pertama tetap mempertimbangkan pembangunan berkelanjutan untuk sektor budaya lokal. Jangan sampai karena pengembangan sektor pariwisata justru menggerus kepentingan budaya sendiri.

Kedua, yang mesti menjadi catatan  bersam terhadap orientasi dalam bentuk pembangunan disektor manapun adalah bagaimana penguatan moral kita terhadap lingkungan dan etika sosial yang ada. Sebab tak dapat dipungkiri kadang kedua fokus paradigma kita ini gugur karena dari hulu hingga hilir, nalar kita berada pada satu sumbu saja yakni sumbu ekonomi.

Baca juga :  Suaib: Pengurangan Tenaga Kontrak, Keputusan yang Sulit, Namun Harus Dilakukan

“Sebab jika hanya bertumpu pada sumbu ekonomi maka kita hanya akan disibukkan dengan orientasi pikir yang mendahulukan pendapatan dan pengeluaran finansial saja atas dampak pembangunan yang kita programkan,” jelas Suraidah.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Barat Farid Wajdi sangat merespon akan Ranperda Rancangan induk Pariwisata. Ranperda itu akan semakin mempererat ikatan koorbldinasi antara Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Provinsi khususnya dalam memajukan sektor Pariwisata di Sulawesi Barat.

Acara ini dihadiri oleh anggota DPRD Mamuju Syamsuddin Hatta, kabag Hukum Pemkab Mamuju, Gunawan Biro hukum pemprov Sulbar, Raodah akademisi, Dr Rahmat Idrus, Mahasiswa, Tokoh Agama dan para Wartawan Se sulawesi Barat.

Laporan: Sury

Editor    : Muh. Hamzah

Share :

Baca Juga

Daerah

Jadi Pembicara di PMII Wajo, Sufriadi Arif Ajak Generasi Muda Bangun Daerah dan Bangsa

Daerah

Energy Equity Epic Sengkang Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas Bumdes

Daerah

Kukuhkan Forum Data Pembangunan, Sekda Wajo: Diskominfo Harus Bersinergi dengan OPD

Daerah

Puskesmas Salewangeng Wajo Raih Akreditasi Paripurna

Daerah

Pemkab-DPRD Wajo Sepakati APBD Tahun 2019

Daerah

Gubernur Sulsel Kuliah Umum di IAI As’Adiyah Sengkang

Daerah

BPBD Wajo Bantu Korban Kebakaran di Desa Lampulung

Daerah

Disdukcapil Wajo Musnahkan KTP Elektronik Invalid, Segini Jumlahnya!