Home / Kesehatan

Rabu, 4 September 2019 - 20:49 WIB

Buah Tomat Terbukti Antioksidan dan Antikanker

MEDIABAHANA.COM — Buah tomat memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Selain itu, juga punya khasiat sebagai antioksidan dan antikanker. Antioksidan lycopene dalam buah tomat punya manfaat mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Dilansir dari NDTV, Selasa (3/9), sebuah studi terbaru mengatakan buah tomat dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat. Studi tersebut mengindikasikan bahwa pria yang mengonsumsi lebih dari 10 tomat punya peluang lebih baik untuk tidak terserang kanker prostat.

Studi tersebut diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology Biomarkers and Prevention. Studi itu mengungkap bahwa kanker prostat adalah kanker kedua yang paling banyak didiagnosis pada pria di seluruh dunia dan tingkat kanker ini lebih tinggi di negara-negara maju. Itu mungkin karena gaya hidup diet masyarakat negara maju cenderung tidak sehat.

Baca juga :  Satu Lagi Manfaat Puasa, Bikin Kamu Awet Muda

Studi ini dilakukan oleh para peneliti di Universitas Bristol, Cambridge dan Oxford. Mereka melihat perilaku pola makan dan gaya hidup 1.806 pria dengan kanker prostat, berusia antara 50 dan 69 tahun. Mereka membandingkan dengan pola makan dan gaya hidup 12.005 pria bebas kanker.

Sejumlah elemen makanan diidentifikasi sebagai kunci untuk mengurangi risiko kanker prostat, di antaranya adalah buah tomat. Konsumsi lebih dari 10 porsi tomat per minggu dapat mengurangi risiko kanker prostat hingga 18 persen. Diperkirakan hal itu disebabkan oleh kehadiran likopen dalam buah tomat, yang melawan racun yang menyebabkan kerusakan sel.

Baca juga :  Imunisasi MR di Wajo Capai 95,17 Persen

Peneliti Vanessa Er dari Fakultas Kedokteran Sosial dan Masyarakat di Universitas Bristol dan Bristol Nutrition BRU, yang memimpin penelitian mengatakan bahwa temuan ini menunjukkan bahwa buah tomat penting dalam pencegahan kanker prostat. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

“Masih dibutuhkan temuan lanjut, terutama melalui uji coba pada manusia. Pria harus tetap mengonsumsi berbagai macam buah tomat dan sayuran, mempertahankan berat badan yang sehat dan tetap aktif,” katanya. (Sumber: fajar.co.id)

Share :

Baca Juga

Kesehatan

RSUD Siwa Kembali Layani Pasien BPJS

Kesehatan

Imunisasi MR di Wajo Capai 95,17 Persen

Kesehatan

11 Manfaat Labu Kuning: untuk Kecantikan hingga Kesehatan

Kesehatan

Bukan Hanya Segar, Ini 5 Manfaat Minum Air Lemon Campur Madu

Kesehatan

Kepala BPJS : Tugasnya Manajemen RSU Lamaddukkelleng Yang Siapkan Sarana Dan Prasarana Antrian

Kesehatan

Sering Kesemutan? Berarti Anda Mungkin Sedang Mengalami Penyakit Berbahaya Ini

Kesehatan

Kualitas Seks Mau Lebih Prima? Lakukan 4 Olahraga ini

Kesehatan

7 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan, Buah Populer Saat Puasa