Bupati Wajo Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM 

0

MEDIABAHANA. COM, WAJO– Bupati Kabupaten Wajo,  Dr H. Amran Mahmud S.Sos Msi, menerima penghargaan Kabupaten Peduli HAM,  pada peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia Ke 71 Tahun 2019, Selasa 10/12/2019 di Gedung Merdeka Bandung.

Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasona Laoly, sebagai apresiasi terhadap kabupaten yang peduli dengan HAM.

Peringatan Hari HAM tahun ini, mengangkat tema, Pelayanan Publik Yang Berkeadilan, acara ini dihadiri sejumlah kepala daerah seluruh Indonesia.

Hadir juga sejumlah pejabat dan petinggi negara diantaranya  Menteri Kordinator Polhukam, Mahfud MD.

Menurut Bupati Wajo,  penghargaan ini diberikan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia Tahun 2018.

Kedepan, lanjut Amran,  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharapkan dapat lebih peduli HAM khususnya meningkatkan pelayanan dasar terhadap masyarat seperti pendidikan, kesehatan, perlindungan anak dan perempuan.

” Penghargaan ini akan menjadi spirit untuk lebih peduli HAM, sehingga seluruh sendi – sendi kehidupan masyarakat dapat terpenuhi secara adil begitu juga dengan pemenuhan hak asasi manusia,” ujarnya.

Dirjen Hak Asasi Manusia, Kemenkum HAM Mualimin Abdi dalam keterangan persnya, di Jakarta, mengatakan, tahun lalu ada 271 kabupaten/kota yang mendapat predikat peduli HAM.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) mencatat baru 271 dari 516 kabupaten/kota yang melaksanakan komitmennya dalam pemenuhan hak dasar masyarakat di wilayahnya.

Artinya, jelas Mualimin, baru sekitar 60% kabupaten/kota yang sungguh-sungguh melaksanakan komitmen nilai-nilai HAM dalam pelayanannya.

Penghargaan ini,  lanjutnya, bertujuan untuk memotivasi dan menjadi pendorong pemenuhan hak dasar masyarakat. Khususnya hak dasar dalam bidang kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan, anak-anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan

“Ini bukan kompetisi tapi kami serius menilainya. Untuk tahun ini jumlah kabupaten/kota yang mendapat penghargaan belum beranjak jauh, masih sekitar 270-280 kabupaten/kota,” ujarnya.
( Humas )

Editor : Gus

Komentar
Loading...