Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan “Duo Amran” Gaspoll, Ciptakan 10 Ribu Wirausahawan Baru Hingga Siapkan SDM Bermutu

0

Bagian 2

MEDIABAHANA.COM, WAJO — Dalam upaya menumbuhkan semangat kewirausahaan khususnya dikalangan milineal Pemkab Wajo memiliki program unggulan, yakni program mencetak 10 ribu wirausahawan baru.

Untuk mewujudkan mimpi ini, Pemkab Wajo dibawah komando “Duo Amran” melakukan berbagai upaya, diantaranya memberikan bantuan modal kepada wirausahawan baru melalui ajang kompetensi yang diselenggarakan bersama Kementerian Pemuda dan Olah Raga. Selain itu Pemkab Wajo menggandeng berbagai Lembaga Pendidikan dan Perusahaan BUMN untuk melakukan pelatihan kewirausahaan.
Langkah lainnya adalah membuka dan memberikan ruang usaha pada space Pemda untuk dijadikan tempat berwirausaha.

“Kami berharap program 10 Ribu Wirausahawan Baru ini mampu menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Wajo dengan menciptakan lapangan pekerjaan yang baru atau wirausahawan baru, pengangguran harus kita pikirkan, baik dari kalangan sarjana maupun yang bukan sarjana, bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan buat mereka, ” ujar Bupati Wajo, H.Amran Mahmud.

Sementara itu, di Sektor Pendidikan Kabupaten Wajo capain pembangunan dimulai dengan program TOT di At-Taisir sebanyak 14 Orang dengan 2 angkatan, saat ini mereka sudah membuka Lembaga Hafidz Quran dengan jumlah santri sebanyak 118 Orang.

Dalam upaya mendukung terciptanya SDM bermutu, Pemkab Wajo pada APBD 2020 menyiapkan anggaran Bea Siswa sebesar 3 Milliar untuk anak sekolah, anak putus sekolah, mahasiswa dan calon mahasiswa, serta menyiapkan Bea Siswa Khusus Tokoh Agama desa melalui APBDes. Selain itu, Pemkab juga melibatkan sektor swasta dalam menyiapkan SDM bermutu melalui Program Bea Siswa Sampoerna University.

“Harapan kita dengan adanya program ini dapat memberikan peluang emas bagi siswa lulusan SMA di Kabupaten Wajo untuk bisa mengenyam Pendidikan di Universitas Sampoerna yang bekerjasama dengan University of Arizona di Indonesia , “ujar Mantan Wakil Bupati Wajo ini. (Eddy Mulyawan)

Editor : HS.Agus

Komentar
Loading...