Home / Advertorial

Rabu, 8 Juli 2020 - 17:43 WIB

Setelah Berpolemik, Akhirnya Pemilihan Kepala Lingkungan Digelar di Kelurahan Pincengpute

MEDIABAHANA.COM, WAJO — Setelah berpolemik beberapa waktu yang lalu, akhirnya Pemerintah Kelurahan Pincengpute, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, menggelar pemilihan Kepala Lingkungan secara langsung, Rabu 8 Juli 2020 di Aula Kantor kelurahan.

Dalam pemilihan Kepala Lingkungan tersebut, Kaharuddin terpilih sebagai Kepala Lingkungan Bontouse dengan perolehan 37 suara, mengungguli Sultan dengan 23 suara. Untuk Lingkungan Abbollongnge, Rusli berhasil terpilih dengan perolehan 30 suara, mengungguli Mus Muliadi dengan perolehan 22 suara.

Kepala Lingkungan terpilih bersama dengan Lurah Pincengpute dan Panpel

Menurut Panitia Pelaksana (Panpel) pemilihan Kepala Lingkungan, Edy Mulyawan, pemilihan dibagi dalam 2 season. Season I dilaksanakan pada pukul 8.00 WITA sampai pukul 12.00 WITA untuk memilih Kepala Lingkungan Bontouse, dan season II mulai pukul 14.00 WITA sampai pukul 16.00 WITA untuk memilih Kepala Lingkungan Abbollongnge.

Adapun yang memiliki hak suara, lanjut Edy, adalah pengurus LPMK, ketua RW, ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh Agama, tokoh pendidik, tokoh pemuda dan tokoh perempuan.

“Bakal Calon Kepala Lingkungan, diusulkan oleh masyarakat dari masing – masing lingkungan kepada Panitia Pelaksana, dan Panitia Pelaksana mengesahkan Bakal Calon menjadi Calon untuk mengikuti pemilihan,” jelas Edy.

Baca juga :  Kasus Positif Covid-19 Bertambah 1 Orang di Wajo

Sebelumnya, Jumat 26 Juni 2020, puluhan warga Kelurahan Pincengpute mendatangi Kantor DPRD Wajo, untuk menyampaikan aspirasi terkait penunjukan Kepala Lingkungan Bontouse dan Abbollongnge.

Warga memprotes kebijakan Lurah Pincengpute yang terkesan secara sepihakĀ  menunjuk Kepala Lingkungan yang baru tanpa melalui proses musyawarah dan tradisi masyarakat Pincengpute dalam memilih Kepala Lingkungan.

Setelah dimediasi oleh tim penerima aspirasi DPRD Wajo,Warga yang menyampaikan aspirasi pada waktu itu, membuat kesepakatan dengan Lurah dan Camat, untuk menganulir SK Kepala Lingkungan yang baru, dan mengembalikan posisi Kepala Lingkungan yang diberhentikan, dan selanjutnya digelar pemilihan secara langsung.

Tokoh pemuda Kelurahan Pincengpute, Ikhsan AR, mengatakan, pemilihan Kepala Lingkungan yang dilaksanakan hari ini, sudah berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat Pincengpute.

Katanya, masyarakat tidak mempersoalkan siapapun yang terpilih, yang penting proses pemilihannya itu melalui musyawarah mufakat sehingga Melahirkan pemimpin pilihan rakyat.

Baca juga :  Yayasan Puangrimaggalatung Serahkan Bantuan Untuk Para Pengungsi Korban Banjir

“Kami tidak persoalkan siapapun yang terpilih, yang penting prosesnya harus sesuai dengan karakteristik dan tradisi masyarakat Pincengpute, yaitu melalui proses musyawarah,” ujar Ikhsan AR.

Lurah Pincengpute Bersama Kepala Lingkungan Terpilih dan Ketua LPMK

Aktivis Pelita Hukum Independent (PHI) Kabupaten Wajo, Abdul Kadir Nongko, mengatakan, pemilihan Kepala Lingkungan di Kelurahan Pincengpute, layak menjadi contoh, untuk pemilihan Kepala Lingkungan lainnya di Kabupaten Wajo.

Menurutnya, pemilihan tersebut
Mencerminkan demokrasi yang sesungguhnya, karena calonnya diusulkan oleh masyarakat, dan masyarakat sendirilah yang kembali memilih secara langsung.

“Ini patut untuk dicontoh, dari rakyat untuk rakyat, pemilihan ini menandakan bahwa rakyatlah yang berdaulat, rakyatlah yang berhak menentukan pemimpinnya,” ujar Kadir.

Lurah Pincengpute, Agus Setiawan, menilai, pemilihan Kepala Lingkungan yang dilaksanakan hari ini sudah sesuai dengan aspirasi dan keinginan masyarakat Pincengpute.

Katanya, pemilihan sudah dilaksanakan secara demokratis, masyarakat yang mengajukan calon, dan masyarakat juga yang memilihnya.

“Selamat kepada Kepala Lingkungan yang sudah terpilih, mari kita bekerja bersama untuk melayani masyarakat,” harap Agus Setiawan. (Red)

Editor : HS. Agus

Share :

Baca Juga

Advertorial

Komisi II DPRD Wajo : Penutupan Kantor BNI Sengkang Sebagai Bentuk Dukungan Kepada Pemerintah

Advertorial

Bupati Wajo : Membangun Dunia Pendidikan Merupakan Hal Utama

Advertorial

Putus Mata Rantai Covid 19, Ketua DPRD Wajo Bagikan Masker Dan Cairan Disinfektan

Advertorial

Reses di Abbanderang, Andi Aminuddin: Saya Akan Terus Kawal dan Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

Advertorial

Waspada, Kasus Covid- 19 Kembali Bertambah di Wajo

Advertorial

Bupati Wajo Pantau Banjir Hingga Malam Hari

Advertorial

Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan “Duo Amran” Gaspoll, Ransang Pertumbuhan Ekonomi Lewat Pembangunan Infrastruktur

Advertorial

Sikapi Data Yang Beredar, Bupati Tegaskan Tidak Ada Warga Wajo Yang Terkena Virus Corona