Cegah Meluasnya Lahan Kritis, Warga Harus Sadar Lingkungan

  • Bagikan
Cegah meluasnya lahan kritis di Wajo, Pemkab, melakukan penanaman pohon dan menyalurkan bantuan 10.000 bibit pohon untuk warga

MEDIABAHANA.COM, WAJO — Kerusakan lahan di Wajo, semakin parah, sehingga tidak lagi berfungsi sebagai daerah resapan air. Akibatnya saat hujan turun terjadi banjir, erosi dan kerusakan alam lainnya.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Wajo mendorong dan mengajak masyarakat untuk sadar lingkungan dengan menjaga keseimbangan alam.

Salah satu upaya pemerintah kabupaten Wajo dalam menjaga keseimbangan dan kelestarian alam adalah pengembangan kawasan pertanian terpadu, dengan melakukan penanaman pohon.

Kepala Bidang Pencegahan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Muh. Rafi Aryawardhana mengatakan, salah satu upaya menanggulangi banyaknya lahan kritis adalah melakukan penanaman pohon.

Katanya, sebanyak 10.000 bibit pohon akan dibagikan kepada desa yang menggalakkan program pertanian terpadu.

“Pengadaan bibit ini berdasarkan MoU Pemerintah kabupaten Wajo dengan Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah II Makassar, ” jelas Rafi.

Dilanjutkannya, dari Mou tersebut, kabupaten Wajo mendapatkan bantuan bibit sebanyak 150.000 pohon berupa Ketapang Kencana, Cempedak, Durian, Langsat dan Nangka. (**)

Editor : Edy Mulyawan

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan