Walikota Bangga Atas Peningkatan Profesionalisme Anggota PWI

MEDIABAHANA.COM MAKASSAR — Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dalam sambutannya ketika membuka secara resmi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Selatan, di Swisbell in Makassar, menyatakan bangga dan salut kepada Pengurus PWI Sulsel yang terus berupaya meingkatkan profesionalisme dan kapasitas wartawannya secara berkelanjutan.

Peningkatan kapasitas wartawan memang sudah menjadi keharusan, karena dalam era industri media 4,0, wartawan maupun perusahaan surat kabar harus mampu menguasai iptek dan komunikasi, agar wartawan tidak dikalahkan oleh kemajuan teknologi dimana akan mengarah para industri media robotik.

Walikota mengakui, kehadiran wartawan dalam menjalankan tugas pemerintahan kota banyak didukung oleh pers atau media, sehingga semua pejabat harus dekat dengan wartawan jika ingin berhasil dalam menjalankan tugasnya.

Danny mengatakan uji kompetensi wartawan atau UKW harus menjadi perhatian bagi seluruh pemangku media untuk tetap menjaga dan meningkatkan kualitas dan profesionalisme para jurnalisnya dalam melaksanakan tugas.

”Ini sebuah keharusan yang patut diperhatikan oleh industri media. UKW merupakan keharusan bagi seorang wartawan untuk menjadi kompeten dalam menjalankan tugasnya,” kata walikota yang akrap dipanggil DP.

Walikota Makassar mengapresiasi pelaksanaan UKW ini, yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan wartawan dalam menyajikan informasi atau berita yang sesuai dengan kode etik jurnalistik dan aturan-aturan yang ada.

Pada kesempatan itu Walikota juga berharap media harus netral dan juga bisa memerangi berita bohong (hoax) dengan berupaya menyajikan berita-berita yang disertai fakta, sehingga masyarakat tidak salah menafsirkan berita di media dan berita yang disajikan tidak menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat, ungkapnya.

Walikota juga berharap seluruh media, utamanya yang berada di Sulawesi Selatan (Sulsel), dapat menyajikan informasi atau berita yang berimbang sesuai dengan kode etik jurnalistik dan aturan-aturan yang ada.

Terkait dengan pelaksanaan uji kompetensi, Walikota mengatakan, UKW adalah suatu keharusan bagi wartawan untuk menjadi kompeten dalam menjalankan tugasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sulsel, Agus Salim Alwi Hamu menuturkan, kegiatan UKW yang digelar selama dua hari ini merupakan salah-satu langkah PWI untuk meningkatkan kualitas wartawan, sehingga kehadiran wartawan yang kompeten diharapkan bisa memerangi berita hoax.

MoU Pemkot

Usai membuka acara UKW PWI Sulsel, Walikota Makassar dan Ketua PWI Sulsel menandatangani perjanjian kerja sama antara PWI dengan Pemerintah Kota Makassar dalam hal peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang jurnalis kepada para pejabat lingkup Pemkot dan juga Kepala Sekolah SMA, SMP dan SD.

Melalui kerjasama tersebut, PWI nantinya akan memberikan bekal pengetahuan tentang kewartawanan kepada perjabat atau pamong di lingkungan Pemkot Makassar, termasuk para Kepala Sekolah SMA, SMP dan SD, sehingga kelak semua pejabat atau pamong yang ada di lingkup Pemkot Makassar bisa memahami seluk beluk kewartawanan, sehingga mereka tak perlu takut jika didatangi wartawan di ruang kerjanya.

Dengan kerjasama seperti itu, PWI juga akan memberikan pengetahuan untuk meningkatkan kapasitas pamong sehingga bisa berfungsi menjadi corong pemerintah dalam menyampaikan informasi hasil pembangunan kepada masyarakat.

Laporan : H. Abdul Manaf Rachman

Tinggalkan Balasan