Buka Pelatihan KPSPAMS, Asisten II: Pemkab Sangat Mendukung Program Pamsimas

MEDIASIENERGI.CO WAJO — Asisten II Pemkab WajoHj. Andi Sitti Kamariah membuka secara resmi pelatihan Kelompok Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KPSPAMS) Desa lama Program Pamsimas III Kabupaten Wajo Senin, 17 Juni 2019 di Hotel Ayu. Hadir juga pada kesempatan itu, District Project Manajemen Unit (DPMU) Dinas PMD Wajo H. Abd. Samad.

Dalam laporannya, Koordinator Kabupaten Program Pamsimas III Aradea Yusuf mengatakan, pelatihan ini akan digelar selama 4 hari yang dimulai hari ini dan akan berakhir pada 20 Juni 2019, dengan jumlah peserta sebanyak 94 orang

Aradea Yusuf menjelaskan bahwa, tujuan dari kegiatan ini, agar peserta setelah mengikuti pelatihan ini memilki kesadaran serta prilaku kritis terhadap pentingnya mengelolalah KP-SPAMS dengan menerapkan nilai luhur pemberdayaan sejati

“Kita juga harapkan melalui pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan pemahamannya terkait peran KP-SPAMS dalam kesinambungan yang bertumpu pada 5 aspek kesinambungan,” ujarnya.

Selain itu kata Aradea, juga untuk meningkatkan kemapuan peserta untuk melakukan pengelolaan dan pemeliharaan sarana air minum yang telah dibangun dan melakukan pengembangan sarana dan mampu melakukan langkah-langkah perencanaaan kegiatan tahunan KP-SPAMS berdasarkan acuan PJM-proaksi

Sementara Asisten II Setda Wajo Hj. Andi Sitti Kamariah menyampaikan kalau Pemda sangat mendukung program Pamsimas dan sanitasi, pasalnya, sangat membantu masyarakat di desa utamanya dalam penyediaan air bersih.

Bahkan, hal ini juga sejalan dengan 25 program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Wajo yang salah-satunya penyediaan air bersih.

Hj. Andi Kamariah mengungkapkan, untuk tahun 2019 dana sharing tidak seperti tahun kemarin karena terkendala keterbatasan anggaran. “Tetapi untuk tahun 2020, kita mendukung program Pamsimas ini dengan menyediakan anggaran pendampingan,” ujarnya.

Andi Kamariah mengharapkan agar setelah mengikuti pelatihan ini, ada kesadaran Bagaimana bisa menjaga apa yang telah dilaksanakan oleh Pamsimas.

Sekadar diketahui bahwa, program Pamsimas telah dilaksanakan sejak tahun 2008 sampai tahun 2018 yang merupakan program Pamsimas l, tahun 2013 Sampai dengan tahun 2016 merupakan pelaksanaan Pamsimas II dan tahun 2016 sampai tahun 2019 merupakan pelaksanaan Pamsimas III.

Jumlah desa dan kelurahan yang mengikuti program Pamsimas sampai dengan tahun 2018 sebanyak 102 desa.

Laporan: Sudirman

Editor   : Muh. Hamzah

Tinggalkan Balasan