Nasib Tak Jelas, Ratusan Guru Honorer Audiensi Dengan Wakil Bupati

MEDIABAHANA.COM, WAJO — Ratusan  Guru honorer mendatangi kantor Bupati Wajo di jalan Rusa Sengkang, Kamis 19 Maret 2020. 

Kedatangan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa ini, untuk menyampaikaikan aspirasi terkait nasib mereka.

Pasalnya, meski mereka telah dinyatakan lulus seleksi CPNS sejak tahun 2013 lalu, namun hingga hari ini mereka belum menerima Nomor Induk Pegawai (NIP) dari Badan Kepegawaian Negara.

“Kami sudah dijanjikan sejak tahun 2014 lalu, namun hingga kini NIP tak kunjung nongol, “kata Suhartini, juru bicara para honorer ini.

Katanya, sudah berkali-kali mereka sampaikan aspirasi ke DPRD Kabupaten Wajo, namun sepertinya tidak ada solusi.

“Ada 122 Tenaga Honorer yang terdiri dari Guru TK/PAUD, SD dan SMP yang hingga kini nasibnya belum jelas, padahal kami jelas-jelas dinyatakan lulus sebagai CPNS oleh Panselnas Kemenpan sejak tahun 2013, “ujar Suhartini.

Wakil Bupati Wajo, H.Amran,SE yang menerima para honorer di ruang rapat Pimpinan Kantor Bupati Wajo mengatakan, Pemkab Wajo tidak tinggal diam menyikapi permasalahan yang sudah terjadi tujuh tahun lalu itu.

“Berbagai upaya telah dilakukan terkait hal ini, salah satunya adalah Pemkab Wajo siap menyiapkan anggaran gaji 122 tenaga honorer tersebut melalui APBD Kabupaten Wajo, ” jelas Wakil Bupati Wajo.

Selain itu, Pemkab Wajo juga telah menanda tangani pernyataan tanggung jawab mutlak apabila 122 honorer ini telah diangkat menjadi CPNS maka mereka akan ditempatkan di sekolah negeri.

“Dua poin ini telah kita sampaikan kepada Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional IV Makassar beberapa waktu lalu. ” ujarnya.

Masih menurut Wakil Bupati Wajo ini, selain mengupayakan lewat jalur birokrasi, Pemkab Wajo juga mengupayakan pendekatan politik melalui Komisi X DPR RI untuk dibicarakan di tingkat pusat agar mendapatkan solusi.

“Intinya kami tidak tinggal diam dalam menyikapi permasalahan teman-teman. Pun ketika teman-teman ingin menyampaikan aspirasi ini ke Jakarta kami siap mendampingi. Kita berjuang bersama,” tutur Wakil Bupati Wajo ini.

Senada dengan Wakil Bupati, Sekretaris Kabupaten Wajo, H.Amiruddin mengiyakan bahwa Pemkab Wajo telah menempuh berbagai upaya dalam menangani permasalahan 122 tenaga honorer ini.

“Terbaru adalah, bersama Wakil Bupati kami menyerahkan secara langsung bukti-bukti pendukung secara administrasi kepada Kemenpan RB dan telah menugaskan kepada Sekretaris BKPSDM Kabupaten Wajo untuk menelusuri dan mencari informasi terkait tindak lanjut dari surat yang pernah dikirim Pemkab Wajo. “Jelas Amiruddin. (Eddy Mulyawan)

Tinggalkan Balasan