Home / Advertorial

Jumat, 26 Juni 2020 - 13:21 WIB

Camat Tanasitolo Gebrak Meja, Tidak Terima Disebut Semena – Mena

MEDIABAHANA.COM, WAJO — Puluhan warga dari Kelurahan Pincengpute, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, mendatangi Kantor DPRD Wajo,Jumat, 26 Juni 2020.

Kedatangan warga Pincengpute ke Kantor DPRD untuk menyampaikan aspirasi terkait pencopotan 2 Kepala Lingkungan di Kelurahan Pincengpute, yang mereka anggap tidak sesuai dengan prosedur.

Penyampaian aspirasi ini sempat diwarnai ketegangan, Camat Tanasitolo yang tidak terima disebut semena – mena, berdiri sambil menggebrak meja yang ada di depannya.

Kepala Bagian Penganggaran dan Pengawasan, Sekertariat DPRD Wajo, Ratna Ningsih yang hadir di ruang aspirasi, bangkit dari tempat duduknya, menenangkan Camat, agar kembali duduk di kursinya dan tidak terbawa emosi.

Camat Tanasitolo, Hajja Andi Sahri Alam tidak terima karena dianggap semena – mena dalam pergantian Kepala Lingkungan Bontouse dan Kepala Lingkungan Abbollongnge.

Menurut Camat perempuan ini, perihal pergantian Kepala Lingkungan di Kelurahan Pincengpute, dirinya tidak mencampuri, dan warga Pincengpute tidak pernah datang membicarakannya di Kecamatan.

Andi Alam mengaku jika dia bertanda tangan di Surat Keputusan (SK), hanya sebatas mengetahui saja, masalah pergantian Kepala Lingkungan itu adalah urusan Lurah.

Baca juga :  Bupati Wajo Serahkan APD Untuk Wartawan

“Saya memang bertanda tangan, tapi hanya sebatas mengetahui sebagai Camat,” katanya.

Bahkan, Kata Andi Sahri Alam, dirinya sempat mengingatkan Lurah Pincengpute, agar pergantian Kepala Lingkungan dikordinasikan dengan masyarakatnya, dan pilih yang terbaik yang bisa bekerja sama dengan Lurah.

Sebelumnya, juru bicara warga Kelurahan Pincengpute, Ikhsan Rahman, menyebut proses pergantian Kepala Lingkungan Bontouse dan Kepala Lingkungan Abbollongnge tidak sesuai dengan tradisi dan karakteristik masyarakat Pincengpute dan dianggap semena – mena.

Biasanya, lanjut Ikhsan, penentuan Kepala Lingkungan melalui proses musyawarah untuk mufakat memilih Kepala Lingkungan.

“Pergantian Kepala Lingkungan tidak melalui proses yang benar, Lurah dan Camat hanya menunjuk secara sepihak tanpa meminta pendapat tokoh – tokoh masyarakat, dan LPMK,” ujar Ikhsan.

Aktivis Pelita Hukum Independent, Kabupaten Wajo, Abdul Kadir Nongko yang ikut mendampingi warga, menyebut, pergantian Kepala Lingkungan di Kelurahan Pincengpute, sudah menyalahi prosedur dan melukai hati masyarakat.

Katanya, seharusnya Lurah meminta pendapat para tokoh dan ketua LPMK sebelum mengambil keputusan.

Baca juga :  DPRD - Pemkab Wajo Setujui Ranperda LPJ APBD 2019 Jadi Perda

“Apalagi tidak ada SK pemberhentian, ini berarti tidak legal, dan ini menunjukkan Pemerintah Kelurahan tidak tertib administrasi,” ujar Kadir.

Ketua Tim penerima aspirasi DPRD Wajo, Haji Suriadi Bohari, mengatakan, kedatangan warga Pincengpute ke DPRD Wajo sudah tepat.

Katanya, Kantor DPRD memang tempatnya untuk menyampaikan permasalahan yang ada di tengah – tengah masyarakat.

“Bapak – bapak sudah datang ditempat yang tepat, silahkan sampaikan aspirasinya, dan kita akan usahakan mencarikan solusinya,” ujar politisi Partai Nasdem ini.

Politis partai Demokrat, AD Mayang, yang ikut menerima aspirasi mengatakan, memang seharusnya, pergantian Kepala Lingkungan harus melalui proses musyawarah, karena belum ada regulasi yang mengatur tentang itu.

“Harusnya dimusyawarahkan, karena belum ada aturan tentang pemilihan Kepala Lingkungan,” jelas ketua Komisi IV DPRD Wajo ini.

Akhirnya, sebagai solusi, posisi Kepala Lingkungan yang telah diganti dikembalikan ke posisinya, dan selanjutnya digelar rapat untuk meminta pendapat kepada seluruh masyarakat Pincengpute. (Red)

Editor : HS. Agus

Share :

Baca Juga

Advertorial

Hasil Perjuangan DPRD Wajo, ASN Akan Terima Pembayaran TPP 100 Persen

Advertorial

Bupati Optimis Kembalikan Kejayaan Sutera Wajo

Advertorial

Bupati Wajo : Membangun Dunia Pendidikan Merupakan Hal Utama

Advertorial

Kebijakan Pembatasan Pelayanan di RSUD Siwa Menuai reaksi

Advertorial

Genjot IKM, Pemkab Wajo Kerjasama Bea Cukai Parepare

Advertorial

Bupati Gelar Rakor Dengan Lembaga Keuangan Untuk Perjelas Kebijakan Pembayaran Debitur

Advertorial

Breaking News : Pemkab Gelar Rapat Kordinasi Bicarakan Pelaksanaan Ibadah di Masjid

Advertorial

Terdampak Covid- 19, Imam Dan Pengurus Masjid Dapat Bantuan Dari Bupati