Home / Hukum & Kriminal

Senin, 26 Juli 2021 - 21:53 WIB

Bobol Rumah Warga, Residivis Curat Diringkus Sat Reskrim Polres Pasangkayu

Tersangka pembobol rumah (baju Orange) berhasil diringkus aparat Saat Reskrim Polres Pasangkayu (foto : idham)

Tersangka pembobol rumah (baju Orange) berhasil diringkus aparat Saat Reskrim Polres Pasangkayu (foto : idham)

MEDIABAHANA.COM, PASANGKAYU — Satuan Reskrim Polres Pasangkayu berhasil menangkap pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat), B (40 th), warga Desa Pedanda II Kecamatan Pedongga, Pasangkayu.

Modus yang dilakukan tersangka, yaitu memasuki rumah disaat korban bersama keluarganya sedang melaksanakan Sholat Idul Adha di Mesjid Desa Malei, Kecamatan Pedongga, kemudian mengambil uang dan perhiasan berupa cincin emas di dalam rumah korban.

Hal tersebut disampaikan Wakapolres Pasangkayu, Kompol Ade Chandra, saat menggelar jumpa pers, Senin 26 Juli 2021, di Ruang Media Center Polres Pasangkayu.

Menurut Ade Chandra, Tersangka telah menyatrongi 2 rumah sejak bulan Maret, Mei dan Juli 2021 yang akhirnya dapat terungkap setelah terpantau CCTV pemilik rumah saat melakukan aksinya tersebut.

Baca juga :  Bupati Harapkan Kehadiran Polairud di Wajo, Dapat Jaga Keselamatan Potensi Perikanan

“Dari keterangan tersangka, terungkap bahwa pelaku telah melakukan Curat sebanyak tiga kali di dua lokasi. Pada bulan Maret 2021 di rumah AR, pelaku mengambil uang sebesar Rp 8,2 juta, dan pada bulan Mei dan 20 Juli 2021, tersangka kembali melakukan aksinya di rumah HL, dan mengambil uang sebesar Rp 25 juta dan Rp 7,89 juta serta cincin emas,” jelas Ade Chandra.

Uang hasil kejahatan tersangka, lanjut Ade Chandra, digunakan untuk membeli beras, ikan dan selebihnya untuk minum-minum di Cafe, bahkan dipakai membeli HP serta dipakai menikah oleh tersangka.

“Tersangka melakukan aksi Curat tersebut adalah untuk menguasai barang berharga milik korban dan dipergunakan untuk kepentingan pribadi, dengan modus membuka pengganjal pintu rumah korban kemudian memanjat melalui tembok dan mengambil uang dan barang milik berharga milik korban,” ujarnya.

Baca juga :  Diparangi, Ruslan Meregang Nyawa Ditangan Tinggi

Dari tangan tersangka, Penyidik berhasil menyita barang bukti berupa 1 Unit HP Merk Vivo warna biru, 1 buah cincin emas 23 Karat dengan berat 5 Gram dan uang tunai sejumlah Rp 7.l,79 juta serta 1 buah flashdisk berisikan rekaman CCTV yang diperoleh dari korban.

“Tersangka kami sangkakan dengan Pasal 363 Ayat (1) Ke 5 KUHPidana Jo Pasal 64 Ayat (1) KUHPIdana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara dan tersangka juga merupakan resedivis kasus Curat,“ tegasnya. (Idham)

Editor : Moh. Supriyadi

Share :

Baca Juga

Hukum & Kriminal

Ketua JPKPN Wajo Pertanyakan Isu Setoran Uang 2 Juta Setiap Kades Untuk LSM dan Wartawan

Hukum & Kriminal

Polsek Tempe Ciduk Dua Orang Pa’Bemor, Ini Kasusnya!

Hukum & Kriminal

Curi Sapi 40 Ekor di Wajo, Aparat Polsek Takkalla Amankan 3 Kawanan Pencuri

Hukum & Kriminal

Penyidik Tipikor Polres Wajo Tetapkan Tersangka Penyalahgunaan Dana Desa

Hukum & Kriminal

Satlantas Polres Sidrap Terus Galakkan Disiplin Prokes

Hukum & Kriminal

Resahkan Warga, Resmob Polres Wajo Bekuk Residivis Pencuri Ternak Dan Mesin

Hukum & Kriminal

Asyik Pesta Narkoba, 3 Pemuda Warga Sengkang Ditangkap Polisi

Hukum & Kriminal

Dua Tersangka Penyalahgunaan Narkoba Diringkus Sat Res Narkoba Polres Wajo