Bangun Water Treatmen Plant di Wajo, Kementerian PUPR Alokasikan Anggaran 204 Milyar

  • Bagikan
Direktur PDAM Kabupaten Wajo, A. Dedy Ahmad Iqbal (foto : Gus)

MEDIABAHANA.COM, WAJO — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kabupaten Wajo akan membangun Istalasi Pengolahan Air Minum.

Hal tersebut diungkapkan Direktur PDAM Wajo, Andi Dedi Ahmad Iqbal Saat dihubungi, Jum’at (27/8/2021).

Menurutnya, PDAM Kabupaten Wajo akan membangun Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) berkapasitas 210 liter/detik.

“Program pembangunan Water Treatment Plant (WTP) saat ini dalam tahap perencanaan fisik, termasuk proses ganti rugi lahan dan pemetaan lokasi intake, IPA serta reserfoir oleh tim consultan perencana bersama Balai Besar Air Wilayah, dan PDAM Wajo, ” ujar Andi Dedi Ahmad Ikbal, Direktur PDAM kabupaten Wajo.

Dilanjutkannya, Water Treatment Plant ini rencananya akan menghabiskan anggaran sebesar 204 Miliar yang bersumber dari APBN melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR.

Pembangunan Intake dan IPA rencananya akan dibangun di jalan Andi Unru, Desa Assoarajang, sementara untuk Reservoir akan dibangun di Kelurahan Pattirosompe.

“Dengan beroperasinya Water Treatment Plant ini nantinya maka suplay air bersih untuk kota Sengkang dan sekitarnya akan terpenuhi, “ujarnya.

Data yang berhasil dihimpun, kapasitas suplay air bersih saat ini untuk Kota Sengkang dan sekitarnya mencapai 250 liter/detik.

“Jika Bendungan Paselloreng berfungsi maka kita akan mendapatkan Tangshan suplay air bersih sebanyak 150 liter/detik. Tambahan suplay ini nantinya Alan melayani 6 Kecamatan, “pungkasnya. (**)

Editor : Edy Mulyawan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan