Capaian Vaksinasi di Wajo 27 Persen, Dinas Kesehatan Masifkan Vaksinasi Sampai Pelosok Desa

  • Bagikan
Tim vaksinasi kabupaten Wajo melewati daerah banjir untuk melakukan vaksinasi (foto : Edy)

MEDIABAHANA.COM, WAJO — Pemerintah Kabupaten Wajo melalui Dinas Kehehatan membuat berbagai terobosan dan inovasi untuk mempercepat vaksinasi COVID-19. Program vaksinasi massal pun terus digeber di berbagai wilayah kabupaten Wajo.

Sejak vaksin COVID-19 tersedia, Pemerintah Kabupaten Wajo langsung bergerak masif melakukan vaksinasi. Berbagai tempat menjadi sasaran, mulai dari Kantor-Kantor Pemerintah, Pasar, Rumah Sakit, Puskesmas, hingga door to door atau mendatangi langsung ke rumah-rumah warga. Hal itu dilakukan agar herd immunity atau kekebalan kelompok dari COVID-19 dapat segera tercapai.

“Hingga saat ini, capaian vaksinasi di kabupaten Wajo baru mencapai 27 persen dari 300.814 sasaran, angka yang relatif kecil ini membuat kami harus terus berinovasi dalam mencapai target Herd Immunity, ” Jelas Kadis Kesehatan Kabupaten Wajo, drg. Armin.

Terbaru lanjut Armin, melalui Inovasi Massalipu yang secara Harfiah berarti melindungi. Selain itu Massalipu juga merupakan akronim dari Massal, Keliling, dan Terpadu. Melalui inovasi ini, pihaknya memassifkan Vaksinasi dengan sistem door to door.

Tim vaksinasi kabupaten Wajo menggunakan kendaraan roda dua untuk melakukan vaksinasi di salah satu desa yang akses jalannya kurang bagus (foto : Edy)

“Vaksinasi tetap dilaksanakan oleh petugas dengan mengunjungi langsung rumah warga. Meskipun penuh tantangan, tetapi itu tidak menghilangkan semangat petugas vaksinator dari Puskesmas di Wajo, ” Jelasnya.

Lebih lanjut Mantan Direktur RSUD Siwa ini menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan vaksinasi di Kampung Lautan, Kecamatan Belawa. Daerah ini masih terisolir karena sedang terjadi bencana banjir, begitu pula di wilayah Puskesmas Sabbangparu dan Puskesmas Liu.

“Di wilayah Puskesmas Maniangpajo saat ini juga sedang dilakukan vaksinasi secara massif, tantangannya banyak wilayah yang susah dijangkau dengan kendaraan roda empat, ” jelasnya.

Masih menurut Armin, ketersediaan vaksin di Dinas Kesehatan saat ini cukup banyak. Harapannya, dengan ketersediaan vaksin yang cukup banyak ini, kiranya seluruh masyaraka, remaja umur 12 sampai 18 Tahun, Lansia agar bisa datang ketempat Vaksinasi di wilayah masing-masing.

“Untuk mempercepat pencapaian Herd Imunity di kabupaten Wajo, diharapkan kerja sama antara TNI-Polri, Camat, Kepala Desa, PKK dan PMI untuk mendorong suksesnya vaksinasi Massal, Keliling, dan Terpadu (Massalipu) ini, ” Harapnya. (**)

Editor : Edy Mulyawan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan