Dorong Pertumbuhan Ekonomi, 9 Kecamatan Di Wajo Dapat Program PISEW

  • Bagikan
PJ Sekda Wajo, A. Ismirar Sentosa mengikuti sosialisasi program PISEW (foto : Ruslandi)

MEDIABAHANA.COM, WAJO — Penjabat (Pj) Sekda Wajo, Andi Ismirar Sentosa menghadiri pertemuan Kecamatan tahap II Kegiatan Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (Pisew) 2021, di Hotel Sermani Sengkang, Senin (25/10/2021).

Sekda Wajo mengatakan Pisew 2021 merupakan kegiatan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya. Masuknya kegiatan ini di Kabupaten Wajo kata dia, tidak lepas dari peran serta pemerintah propinsi dan pemerintah kabupaten.

“Kegiatan ini merupakan bantuan pemerintah untuk masyarakat (BPM) yang juga merukapan program padat karya tunai (PKT) yang artinya dalam pelaksanaan pembangunan infrastrukturnya mesti melibatkan warga setempat sebagai pelaku pembangunan, khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi,” katanya.

Lebih lanjut, Ismirar menjelaskan, tujuan utama kegiatan ini adalah meningkatkan dan mengembangkan infrastruktur guna mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan permukiman di kecamatan.

“Program padat karya ini untuk mempertahankan daya beli masyarakat di perdesaan, memberikan kontribusi dalam pengurangan angka pengangguran serta penyediaan lapangan kerja saat masa pandemi covid-19 yang terjadi sekarang ini, yang tentunya terkoneksi dengan misi yang tercantum dalam RPJMD Wajo tahun 2019-2024 yaitu mewujudkan taraf hidup masyarakat yang sejahtera,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Sekda mewakili Bupati juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas aspirasi dari anggota DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras, H. Aras dan H Suryadi sehingga di Kabupaten Wajo ada 9 kecamatan yang menjadi sasaran PISEW.

“Semoga di tahun-tahun berikutnya, Kabupaten Wajo bisa terus menjadi lokasi PISEW, bahkan bisa mendapatkan bantuan pembangunan lainnya,” ucapnya.

Sementara itu Ketua tim pelaksana kabupaten dalam hal ini Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Andi Aso Ashari menyampaikan bahwa di Kabupaten Wajo terdapat 9 kecamatan yang menjadi lokasi sasaran Pisew tahun 2021. 7 kecamatan di tahap I dan 2 kecamatan di tahap II.

“Enam kecamatan hari ini melakukan pertemuan kecamatan tahap II dan serah terima pekerjaan yang telah diselesaikan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara untuk kecamatan yang belum selesai pekerjaan fisiknya, dia berharap agar tetap semangat dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik tanpa mengurangi kualitas dan kuantitas terhadap yang dipersyaratkan.

” Semoga infrastruktur yang terbangun bisa memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat Wajo khususnya, serta bisa mendapatkan program serupa dengan lokasi sasaran yang lebih banyak di tahun yang akan datang,” harapnya.

Diketahui, pada pertemuan tersebut disampaikan laporan realisasi hasil pelaksanaan pekerjaan dan hasil pengelolaan dana Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) oleh BKAD kepada masyarakat lokasi kawasan PISEW dan serah terima infrastruktur terbangun kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Permukiman Provinsi.(Ruslandi)

Editor : Edy Mulyawan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan