Daerah  

Lestarikan Seni dan Budaya, Sanggar Seni Latadangpare Bakal Pentas di Bulan Februari

Personil sanggar seni Latadangpare (foto : Dokomen Redaksi)

MEDIABAHANA.COM, WAJO — Seiring dengan perkembangan tekhnologi dan informasi, maka berbagai dampak mempengaruhi lingkungan kehidupan masyarakat menyebabkan timbulnya rasa cemas serta kekhawatiran yang begitu tinggi akan terjadinya sebuah perselisihan sekelompok pemuda.

Hingga akhirnya timbul inisiatif dari beberapa pemuda yaitu dengan pengenalan lewat seni dan budaya Bugis yang kian hari semakin tersisih akibat lajunya kemajuan zaman.

Sehingga pada saat ini bermunculan refleksi kesenian melalui pementasan-pementasan seni yang di ramu dengan penuh kesederhanaan seperti pagelaran seni tari, rupa dan musik dengan hanya menggunakan kostum seadanya dan begitu pula dengan alat musik tradisional yang sampai saat ini belum juga memadai.

Pagelaran demi pagelaran yang telah dilakukan sampai saat ini berlangsung dengan kondisi yang sederhana. Namun antusias masyarakat terhadap perkembangan seni dan budaya sangatlah tinggi.

Hal inilah yang memunculkan semangat serta motivasi bagi pengurus Sanggar Seni Latadangpare untuk selalu berjalan dan mengembangkan warisan Seni dan Budaya yang ada di daerah. Hal tersebut diungkapkan oleh Cita Dinasti Ayuningtias ketua kelompok Sanggar Seni Latadangpare.

Untuk itu, rencananya sanggar tersebut yang didirikan pada tanggal 07 November 2018 sebagai sanggar seni yang ada di Kelurahan Atakkae, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan, akan menggelar pementasan.

Rencana pertunjukan yang akan di gelar nantinya pada bulan Februari 2022, merupakan salah satu bentuk perhatian dalam menjaga dan melestarikan seni tari di Kabupaten Wajo.

“Saya berharap agar ini bisa dijaga dan dilestarikan selalu utamanya oleh pemuda pemudi, serta berharap bisa menyaksikan lansung nantinya pagelaran/ pertunjukan tersebut yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2022 Mendatang di ruang pola Kantor Bupati Wajo,” tutupnya. (**)

Editor : Edy Mulyawan

Tinggalkan Balasan