Mensos Tegaskan Kartu Sembako Dapat Dicairkan Tunai di Kantor Pos

Menteri Sosial, Tri Rismaharini (foto : Dok redaksi)

MEDIABAHANA.COM, JAKARTA — Kabar gembira bagi warga penerima manfaat kartu sembako atau bantuan pangan non tunai (BPNT).

Penerima manfaat tidak hanya bisa menerima bantuan dalam bentuk barang, tetapi bisa dalam bentuk tunai.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) menyatakan penerima bantuan kartu sembako atau bantuan pangan non tunai (BPNT) di tahun 2022 dapat mencairkan bantuannya dalam bentuk uang atau cash.

Pencairan tersebut dilakukan melalui PT Pos.

“Jadi ini untuk percepatan penyaluran bantuan. Untuk triwulan pertama ini kami melakukan transfer langsung,” kata Risma, Ahad 20 Februari 2022.

Risma mengatakan, hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal percepatan bantuan sosial. Apalagi, kata dia, pada tahun 2021 lalu ada sekitar 3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang belum bertransaksi.

“BPNT karena banyak sekali transaksi yang terhambat, bahkan tahun lalu saja itu masih sekitar 3 juta KPM yang belum transaksi, karena itu bapak Presiden menyampaikan bagaimana percepatan ini, ditugaskan bahwa percepatan ini menggunakan PT Pos untuk percepatan realisasi bantuan,” ujarnya.

Nantinya, para penerima dari kelompok BPNT akan mendapatkan bantuan untuk tiga bulan sekaligus.

“Jadi nanti untu BPNT para penerima manfaat itu akan menerima bantuan dalam 3 bulan sekaligus di PT Pos,” sambungnya.

Sementara itu, untuk bansos Program Keluarga Harapan (PKH) Risma mengatakan, bantuan akan langsung diberikan melalui rekening masing-masing. Dia menyebut, bantuan untuk triwulan itu akan diberikan pekan depan.

“Kalau yang PKH tetap karena prosesnya tidak melalui apapun, langsung di top up di rekening masing-masing. Nanti mudah-mudahan minggu depan itu bisa mencairkan untuk triwulan pertama Januari, Februari, Maret,” pungkasnya. (**)

Editor : Moh. Supriyadi

 

Tinggalkan Balasan